Sikap dalam Menghadapi Kritikan

Bila Anda menerima sebuah kritikan, apa yang akan Anda lakukan?

Sebagai seorang blogger, sangat memungkinkan bagi kita suatu saat menerima sebuah kritikan atas apa yang kita tulis. Wajar saja jika ada yang pro dan kontra dengan pemikiran-pemikiran dan sikap kita.

Ketika blog kita sudah mulai setahap demi setahap menuju kepada tingkat yang lebih populer atau mencapai level tertentu, ada saja pastinya yang tidak suka dengan kesuksesan yang kita raih.

Mungkin saja bagi pemberi kritikan, maksudnya hanya memberika sebuah masukan. Tetapi sering kali, bagaimana cara menyampaikannya kurang tepat, sehingga agak melukai perasaan pemilik blog yang dikritik.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika suatu saat menerima sebuah kritikan yang dialamatkan kepada Anda:
1. Tidak Bersikap Defense.

Semakin Anda bersikap defense [bersikeras Andalah yang benar], semakin sakit yang Anda rasakan. Cobalah untuk menerima kritikan tersebut. Jangan serta merta merasa tersinggung, lantas segera mengunjungi balik blog pemberi kritikan dan mengungkapkan kekesalan Anda dengan berganti memberikan kritikan yang lebih pedas.

Tenangkan diri Anda, baca baik-baik point yang dikritik. Hadapilah kritik sebagai suatu cara untuk Anda memperbaiki diri.
2. Jangan Reaktif.

Balik menyerang pengkritik Anda bukan solusi. Pikirkan terlebih dahulu apa yang harus Anda buat selanjutnya. Jika kritikan yang diajukan terhadap Anda memang bukan untuk kebaikan blog Anda, ada baiknya Anda abaikan saja.

Tetapi jika yang diungkapkan itu adalah kebenaran: akuilah. Perbaiki yang yang bisa diperbaiki.
3. Tunjukkan Kematangan Anda.

Setelah mempertimbangkan apa yang Anda akan lakukan, hadapilah kritik dengan kedewasaan. Jawab kritikan dengan tindakan nyata: perbaikan terhadap masukan yang diberikan.
4. Segera Memperbaiki.

Lakukan segera jika Anda tahu caranya. Carilah informasi dari tempat lain jika memang Anda tidak tahu cara memperbaiki sesuatu yang dikritikkan kepada Anda. Citra diri Anda akan baik karena tidak menanggapi kritikan dengan cara emosional.
5. Lakukan Komunikasi Dengan Pemberi Kritik.

Ucapkan terimakasih atas masukan yang diberikan kepada Anda. Bagaimanapun juga, hal itu bisa menjadi sarana yang Anda gunakan untuk belajar.

Jika memang masih ada ganjalan di hati Anda, sampaikan. Jangan menyimpan dendam. Kritik memang tidak menyenangkan bagi yang menerima, tetapi selesaikan sampai clear seluruhnya.
6. Sembuhkan Diri Anda.

Setiap orang biasa melakukan kesalahan. Jangan merasa bahwa Anda satu-satunya orang yang pernah melakukan kesalahan. Toh, sudah Anda perbaiki bukan?
7. Kembali Blogging Sebagaimana Biasa.

Kritikan wajar saja diterima. Jika sudah selesai, lupakan. Kembali beraktifitas sebagaimana biasanya. Menulis postingan, blogwalking ke rumah kawan-kawan, meninggalkan komentar dan menjalin persahabatan dengan blogger lain.

Semoga Bermanfaat.

sumber : http://isnuansa.com/7-cara-menghadapi-kritikan/

Satu Tanggapan to “Sikap dalam Menghadapi Kritikan”

  1. dealer pulsa Says:

    segera memperbaiki itu point terpenting bagiku


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: